lebih lanjut tentang PSYCHEDELIC

Psychedelic musik (berasal dari kata Yunani Kuno: pikiran, jiwa, nafas, semangat) mencakup berbagai gaya musik populer dan genre yang terinspirasi oleh atau dipengaruhi oleh budaya psychedelic yang mencoba untuk meniru dan meningkatkan pikiran dalam pengaruh psychedelic drugs. Ini muncul selama pertengahan 1960-an di kalangan folk rock dan band blues rock di Amerika Serikat dan Inggris. Ini sering digunakan teknik rekaman baru dan efek dan menarik sumber non-western seperti ragas dan drone dari Indian music, lalu menyebar menjadi psychedelic folk, psychedelic rock, pop psychedelic dan psychedelic soul pada tahun 1960 sebelum menurun pada awal tahun 1970. Ini membantu menciptakan banyak genre musik baru termasuk rock progresif, musik kosmische, synth rock, rock jazz, heavy metal, glam rock, funk, elektro dan bubblegum pop. Itu dihidupkan kembali dalam bentuk neopsychedelia dari 1980-an dan kembali muncul dalam musik elektronik di genre termasuk acid house, musik trance dan new rave  
  karakteristikMusik Psychedelic sering berisi beberapa fitur seperti:
- Instrumentasi yang eksotik, dengan kesukaan tertentu menggunakan instrumen sitar dan tabla
- Struktur lagu yang lebih kompleks, kunci nada dan perubahan waktunya, modal melodies dan drones
- Berlirik surealis, aneh, esoterik atau sastra-terinspirasi karya satra
- Penekanan kuat pada solo instrumen atau jams tekhnik individual
- Pada gitar listrik, sering menggunakan feedback, wah wah dan fuzzboxes
- Permainan yang kuat oleh keyboard, terutama organ, harpsichord, atau Mellotron (awal rekaman-driven 'sampler'
- Efek studio yang sangat rumit, seperti backwards tapes, panning, phasing, long delay loops, dan extreme reverb
- Instrumen elektronik primitif seperti synthesizer dan Theremin ini
- Lalu bentuk elektronik psychedelia yang menggunakan komputer yang menghasilkan ketukan yang berulang-ulang
   
sejarah perkembangan 




LATAR BELAKANG:


Dari paruh kedua tahun 1950-an, penulis Beat Generation seperti William Burroughs, Jack Kerouac dan Allen Ginsberg menulis tentang obat-obatan (drugs), termasuk ganja dan Benzedrine, yang dapat mempopulerkan penggunaannya. Pada periode yang sama asam diethylamide lysergic, lebih dikenal sebagai LSD atau acid, yang pada saat ini adalah obat legal, mulai digunakan di AS dan Inggris sebagai pengobatan eksperimental dan diiklankan di media sebagai obat untuk penyakit mental. Dalam awal 1960-an penggunaan LSD dan halusinogen lainnya yang dianjurkan oleh para pendukung baru ekspansi LSD dan halusinogen seperti Timothy Leary, Alan Watts, Aldous Huxley dan Arthur Koestler, yang pada akhirnya mereka sangat mempengaruhi pemikiran generasi muda yang baru.
Gaya hidup psychedelic sudah dikembangkan di California, khususnya di San Francisco, pada pertengahan 1960-an, dengan pabrik LSD besar pertama bawah tanah yang didirikan oleh Owsley Stanley. Dari tahun 1964 Merry Pranksters, sebuah kelompok yang dikenal karena berada di sekitaran penulis novel Ken Kesey, disponsori Acid Test, sering mengadakan acara dengan penggunaan LSD (disediakan oleh Stanley), disertai dengan pertunjukan cahaya, proyeksi film, musik sumbang sebagai improvisasi yang dikenal sebagai simfoni psychedelic. The pranksters membantu mempopulerkan penggunaan LSD, melalui perjalanan mereka di seluruh Amerika menggunakan bus sekolah yang dihiasi dekorasi psychedelically, mendistribusikan obat dan pertemuan dengan tokoh-tokoh utama pergerakan, dan melalui publikasi tentang kegiatan mereka seperti Tom Wolf's The Electric Kool-Aid Acid Test (1968).
San Francisco juga memiliki musik yang muncul dari klub rakyat, warung kopi dan stasiun radio independen, yang melayani bagi populasi mahasiswa di Berkeley dan pemikir bebas yang telah condong ke kota. Sudah ada budaya penggunaan narkoba kalangan musisi jazz dan blues, dan dalam penggunaan awal 1960-an obat-obatan, termasuk ganja, mescaline, peyote, dan LSD mulai tumbuh di kalangan musisi folk dan rock. Segera musisi mulai merujuk (pada awalnya tidak langsung, dan kemudian secara eksplisit ) terhadap obat tersebut dan berusaha untuk menciptakan atau mencerminkan pengalaman penggunaan LSD dalam musik mereka, sama seperti tercermin dalam seni psychedelic, sastra psychedelic dan film
  PSYCHEDELIC FOLK:


Penggunaan musik pertama dari istilah psychedelic diduga oleh band New York yang berbasis musik folk "The Holy Modal Rounders" pada versi mereka Lead Belly's 'Hesitation Blues' pada tahun 1964. Musik Psychedelic menyebar dengan cepat di scene folk timur dan pantai barat pada pertengahan 1960-an. San Francisco menghasilkan band-band seperti Kaleidoscope, It's a Beautiful Day, Peanut Butter Conspiracy and H. P. Lovecraft. Dari New York kota Greenwich Village datang kelompok-kelompok seperti Jake and the Family Jewels and Cat Mother & the All Night Newsboys dan dari Florida adalah Pearls Before Swine. Banyak dari kelompok-kelompok psychedelic folk mengikuti "Byrds" band folk rock tahun 1965, dan sebagai akibatnya, lebih banyak diingat, termasuk Grateful Dead, Jefferson Airplane, Captain Beefheart, Country Joe and the Fish, The Great Society dan Quicksilver Messenger Service.
Dari pertengahan enam puluhan, sebagian sebagai akibat dari British Invasion, kecenderungan ini berjalan secara paralel di negara Amerika dan Inggris sebagai bagian dari rakyat yang saling terkait, folk rock dan scene rock. Blues, drugs, jazz dan pengaruh Timur telah menampilkan diri sejak tahun 1964 dalam karya Davy Graham dan Bert Jansch seniman Folk yang sangat signifikan. Termasuk Skotlandia pertunjukan dari Donovan, yang menggabungkan pengaruh dari seniman Amerika seperti Bob Dylan dengan referensi pada Flower Power, dan Incredible String Band, yang dari tahun 1967 memasukkan berbagai pengaruh ke dalam musik berbasis akustik, termasuk instrumen abad pertengahan dan timur


  PSYCHEDELIC ROCK:

The Beatles memperkenalkan banyak unsur-unsur utama dari suara psychedelic untuk penonton mainstream di pertengahan 1960-an, dengan "I Feel Fine" (1964) dengan menggunakan feedback gitar, pada akhir tahun 1965 album Rubber Soul memulai penggunaan sitar pada "Norwegian Wood", mereka mengerjakan "backmasking" pada 1966, single B-side "Rain" dan lagu lain yang muncul di album Revolver mereka akhir tahun itu. Namun, penggunaan pertama dari psychedelic rock istilah umumnya dikaitkan dengan Austin, Elevator 13th Floor dari Texas, yang pada awal tour akan menginspirasi scene di San Francisco. The Byrds cepat berkembang dengan murni folk rock pada tahun 1966 dengan single mereka "Eight Miles High", secara luas dianggap sebagai acuan untuk penggunaan narkoba.
Di Inggris bisa dibilang band paling berpengaruh dalam genre adalah The Yardbirds, dengan Jeff Beck sebagai gitaris mereka, semakin berpindah ke wilayah psychedelic, dengan tempo yang semakin cepat menambahkan improvisasi "rave up", Gregorian chant dan pengaruh musik dunia untuk lagu termasuk "Still I'm Sad" (1965) dan "Over Under Sideways Down" (1966). "Happenings Ten Years Time Ago" mereka adalah salah satu single rock pertama psychedelic. Dari 1966, scene underground di Inggris yang berbasis di London Utara, didukung pemain baru termasuk Pink Floyd, Traffic dan Soft Machine. Pada tahun yang sama melihat debut band blues rock Cream dan The Jimi Hendrix Experience, yang memperpanjang efek gitar yang bernuansa heavy menjadi fitur kunci dari psychedelia.
Psychedelic rock mencapai puncaknya pada tahun-tahun terakhir dekade. 1.967 melihat Beatles merilis pernyataan definitif psychedelic mereka di Sgt. Pepper`s Lonely Hearts Club Band, termasuk track kontroversial "Lucy in the Sky Whit Diamonds" dan Rolling Stones pada akhir tahun itu dengan 'Their Satanic Majesties Request'. Pink Floyd menghasilkan karya terbaik psychedelic mereka, The Piper at the Gates of Dawn. Di Amerika, The Summer of Love itu didahului oleh Human Be-In dan mencapai puncaknya di Monterey Pop Festival, yang terakhir membantu membuat bintang besar Amerika Jimi Hendrix dan The Who, dengan single "I Can See for Miles" menggali ke wilayah psychedelic. Termasuk Jefferson Airplane's Surrealistic Pillow and The Doors' Strange Days. Kecenderungan ini mencapai klimaks pada Woodstock festival (1969), dengan pertunjukan oleh sebagian besar artis psychedelic, termasuk Jimi Hendrix, Janis Joplin dan Santana.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Text Widget

Recent Posts

Download

Blogger templates

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

Beranda

Followers

 

Grunge Pekalongan Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger